Kunyilnet’s Blog

Gila Tunjangan DPR Mau Naik 235%

Posted on: December 16, 2008

Senin, 01 Desember 2008 00:03 WIB
Dana Serap Aspirasi DPR di 2009 Naik 235%
TUNJANGAN komunikasi intensif untuk penyerapan aspirasi DPR pada 2009 mencapai Rp360,1 miliar, atau meningkat 235% jika dibandingkan dengan pada 2007. Padahal masa sidang anggota dewan periode 2009 relatif singkat.
Dalam pagu sementara rencana kerja dan anggaran DPR T.A 2009 disebutkan bahwa alokasi anggaran untuk pos komunikasi intensif dibagi menjadi dua subalokasi. Pertama, komunikasi intensif bagi ketua, wakil ketua, dan anggota DPR RI mencapai Rp93,7 miliar. Kedua, penyerapan aspirasi dan kunjungan kerja DPR RI ke daerah (reses) sebesar Rp210,2 miliar.
Pada RKAKL DPR 2007, untuk penyerapan aspirasi masyarakat hanya dianggarkan Rp153,5 miliar. Adanya kenaikan alokasi anggaran penyerapan aspirasi itu dinilai wajar oleh anggota panitia anggaran DPR Helmy Faisal Zaini (F-PKB).
“Ke depan anggota dewan akan lebih dinamis dan intensitas untuk menemui konstituen meningkat,” tegasnya, kemarin.
Helmy juga meyakini kunjungan ke daerah yang dilakukan anggota DPR itu tidak akan melenceng dari aturan yang dimuat dalam tata tertib DPR. “Saya yakin anggaran negara tidak akan digunakan untuk kepentingan politik pribadi. Peningkatan itu tidak ada hubungannya dengan pemilu legislatif,” tandasnya.
Walau begitu, Sekjen Forum Masyarakat Pemantau Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang, kemarin, kontan mengkritik adanya lonjakan anggaran dewan tersebut. Pasalnya, menurut Salang, selama ini wakil rakyat telah terbukti gagal menerjemahkan aspirasi rakyat. “Wakil rakyat kita sudah terbukti gagal memahami aspirasi dan penderitaan rakyat. Di saat ribuan buruh berjuang untuk kenaikan upah mereka, seharusnya anggota dewan ikut serta memperjuangkan itu. Bukannya malah ikut berlomba-lomba untuk menaikkan tunjangan. Ironis sekali,” cetusnya.
Salang menilai tindakan anggota dewan tersebut juga menunjukkan kesengajaan mereka (anggota dewan) untuk memperkaya diri sendiri. Terlebih pada tahun yang sama, sambung dia, akan dilangsungkan pemilu legislatif yang menjadi ajang bagi pemilihan anggota dewan.
Tingginya kenaikan anggaran penyerapan aspirasi itu juga dikhawatirkan tidak efektif, menurut Salang, karena selama ini tidak ada pertanggungjawaban yang jelas atas penggunaan dana tersebut. Berdasarkan penelusuran Media Indonesia, pada periode 2006-2007 fraksi-fraksi di DPR keteteran dalam melaporkan pertanggungjawaban dana tunjangan komunikasi dalam rangka penyerapan aspirasi.
“Sampai saat ini tidak ada mekanisme pelaporan hasil yang diperoleh dari kunjungan anggota dewan ke daerah untuk menyerap aspirasi. Konstituen juga tidak diberi ruang untuk memberikan laporan tersebut,” imbuhnya.
Seharusnya, menurut Salang, tunjangan dana komunikasi dalam rangka penyerapan aspirasi dapat dijadikan indikator kedekatan wakil rakyat dengan konstituennya. Apabila tunjangan itu efektif, kata dia, akan terlihat banyak persoalan yang dihadapi rakyat mampu dipahami dan diejawantahkan dalam bentuk kebijakan yang prorakyat.
Lantaran itulah, Salang menilai anggaran bagi tunjangan tersebut rawan penyalahgunaan. Khususnya, sambung dia, terkait dengan kepentingan kampanye Pemilu 2009.
“Pada 2009 otomatis konsentrasi anggota dewan akan terpecah oleh kampanye pemilu legislatif. Patut diduga legislasi dan kebijakan yang akan dibuat tidak akan banyak. Lalu mengapa dana tunjangannya malah naik? Benar-benar tidak masuk akal. Artinya, aspirasi yang akan diserap bukanlah aspirasi untuk kepentingan pembuatan kebijakan, melainkan ajang unjuk diri untuk pemilu,” tukasnya. (*/P-5)

ni linknya http://www.mediaindonesia.com/index.php?ar_id=NDc1Mjc=

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

YM raditz raditz_h3r3 YM kunyilnet kunyilnet

Simpananq

%d bloggers like this: